Skip to content →

Siapkah Anda Memasuki Era Industri 4.0?

Indonesia sudah memasuki era industri 4.0 yang selalu identik dengan teknologi, kondisi tersebut mengakibatkan pertumbuhan bisnis internet di Indonesia mengalami peningkatan dalam 10 tahun terakhir.

Dikutip dari hasil survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pada tahun 2017 terdapat 143,2 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia menggunakan internet. Hampir sekitar 54,68% penduduk Indonesia telah memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu hanya sekitar 132,7 juta jiwa saja. Memang hal ini tidak dapat dipungkiri karena semakin lama teknologi semakin maju. Dari mulai infrastruktur, software, produk hosting Indonesia terbaik hingga saat ini muncul istilah Internet of Things.

Hampir semua masyarakat bisa terhubung satu sama lain. Jarak bukanlah lagi halangan untuk berinteraksi. Memesan tiket kereta api sekarang tidak perlu datang ke setasiun, ingin membeli baju Anda cukup membuka smartphone kemudian pilih baju yang Anda suka, semua sudah serba online. 

Apakah usaha Anda sudah Go Online?

Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) sudah mulai mendorong usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Online seiring dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Kominfo, berkomitmen untuk mengonlinekan 8 Juta UMKM sampai tahun 2020. Komitmen ini menunjukan keberpihakan pemerintah dalam memajukan UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.

Salah satu pengusaha UMKM Cokelat Pralin Chocolistic, Marta Dorkas, menuturkan bahwa ia tertarik mengonlinekan produknya dengan harapan dapat meningkatkan penjualan produknya, dikenal lebih luas oleh masyarakat.

“Dalam arti brandnya akan lebih kuat. Karena kalo ga online orang ga akan kenal produk kita. Minimal kalau sudah online, seluruh Indonesia bisa tahu produk kita. Ketik coklat, muncul produk kita,” tutur Marta. (sumber : UMKM Go Online, Upaya Wujudkan Visi “Digital Energy of Asia”)

Internet untuk Pasarkan Produk Anda.

Salah satu media untuk memasarkan produk Anda melalui interet adalah website. Website adalah adalah suatu halaman yang berisi informasi. Informasi ini dapat berupa gambar, video, script website ataupun tulisan tertentu. Anda dapat mempromosikan, menjual, dan melayani konsumen Anda dari seluruh penjuru dunia melalui website.

Tertarik membuat website? Kenali lebih dalam apa itu website.

Apa saja jenis website?

Ada beragam jenis website yang bisa kamu kunjungi. Menurut Progresstech, terdapat jenis website berdasarkan fungsinya antara lain seperti blog, company profile, website personal, website pemerintahan, website portal berita, social media, toko online, website gallery, serta website pendidikan.

Dikutip dari hasil survei APJII 2017, sebanyak 89,35% masyarakat Indonesia menggunakan website untuk aktivitas chatting. Di bidang ekonomi misalnya, sebanyak 45,14% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari harga produk. Kemudian hampir 32,19% masyarakat melakukan transaksi melalui e-commerce atau toko online.

Bagaimana cara membuat website?

Singkatnya agar Anda dapat memiliki website sendiri, yang pertama Anda siapkan adalah domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting?

  1. Domain adalah nama website Anda. Contoh : JamuJuminten.com.
  2. Hosting adalah rumah dari website Anda, didalamnya Anda dapat menyimpan foto dan video untuk mempromosikan produk Anda.

Mendunia dengan media

PT. PuskoMedia Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan teknologi salah satunya website. Anda dapat membuat toko online sendiri lebih mudah. Kami menyediakan beberapa paket web desain.

Pesan Sekarang

 

 

 

 

Published in Blog

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.