Skip to content →

Jenis dan Pengertian Teknologi Web

Seiring berjalannya waktu, teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, tak terkecuali teknologi website. Agar perkembangan teknologi web semakin baik, seorang programer dituntut untuk menerapkan teknologi terbaru pada apa yang dirancangnya.

Namun, merancang sebuah teknologi website bukanlah perkara yang mudah, banyak tantangan dari dalam maupun luar yang harus dilewati. Kegagalanpun tak bisa dielakkan ketika programer ingin menciptakan teknologi web terbaru.

Teknologi WEB

sumber : pixsabay.com

Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang berbentuk client atau server yang dapat membentuk halaman-halaman web berdasarkan permintaan pemakai. Client adalah pemakai yang meminta halaman web sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai. Client dan Server berhubungan dalam suatu jaringan internet atau intranet.

Ada banyak hal yang berubah dalam dunia IT termasuk teknologi bagi para programer dan ada peralihan teknologi serta platform yang sangat cepat. Tahun ini ada beberapa teknologi yang sangat menarik untuk dipelajari diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Android Studio
  2. PHP Modern Programing
  3. HTML5 Platform
  4. Blogging Platform
  5. Desain Grafis for Developer

.Android Studio

Android Studio adalah next step dalam pemrograman Android. Jika anda masih cinta dengan Eclipse, tinggalkan secara bertahap dan konversi semua proyek eclipse ke Android Studio. Android studio menawarkan berbagai fitur yang tidak ada di Eclipse. Selain itu tampilan UI Designernya juga sangat mudah di pakai, fitur build gradlenya juga canggih tanpa harus meletakan library jar ke folder lib dan segudag fitur lainnya.

.PHP Modern Programing

sumber : pixsabay.com

Sejak PHP populer di Indonesia sekitar tahun 2000-an, sudah ada puluhan dan mungkin ratusan buku yang mengajarkan tentag PHP yang polanya hampir sama yaitu Coding dengan gaya struktural dan menggunakan fungsi clasik MySQL (mysql_query ($sql) or die (“You FOOL!”).

.HTML5 Platform


sumber : pixsabay.com

Teknologi HTML5 ini sebenarnya adalah kumpulan tknologi browser yang terdiri dari teknologi HTML. Javascript dan PHP  dengan berbagai tool dan framework didalamnya. Untuk HTML5 ini saya sarankan fokus saja  kesatu platform atau framework. Hidup itu pilihan dan memang kita harus memilih. 2 Framework yang sangat popular adalah React dan AngularJS. Teknologi lain yang perlu adalah CSS Framework.

.Blogging Platform

sumber : pixsabay.com

Ada 2 Blog platform yang sangat terkenal yaitu WordPress dan Blogger. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah yang satu open source dan yang kedua adalah Software as Service (SaaS). Untuk WordPress kita bisa mengembangkan tema baru atau pluggin baru. Blogger tidak sebebas WordPress. Yang bisa kita lakukan adalah membuat tema blogger dan membuat Widget. Sebenarnya ada satu lagi fitur untuk programer di blogger yaitu blogger API yang memungkinkan kita mengintegrasikan blogger ke aplikasi kita.

.Desain Grafis For Developer


sumber : pixsabay.com

Untuk poin ini memang spesial dan sangat khusus buat saya sendiri. Jujur saja saya “Suck at Design” dan rata-rata developer juga demikian. Maklum saja, developer berpikir dengan secara logis dan sistematis. Sementara Desainer lebih menggunakan perasaan dan kebebasan Imajinasi.


Published in Blog

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.