Skip to content →

Alasan Domain DESA.ID Penting untuk Desa

Domain DESA.ID sangat penting bagi desa dan Pemerintah Desa. Keberadannya menjadi cerminan bagi desa itu sendiri.

Apakah ada pengaturan nama domain di Indonesia. Kemkominfo telah mengeluarkan SK Menteri No 23 tahun 2013 yang mengatur kebijakan penggunaan nama domain internet di Indonesia. Tulisan ini akan menjadi panduan bagi para Pemerintah Desa untuk menggunakan DESA.ID.

  1. DESA.ID lahir dari desa itu sendiri. Domain DESA.ID merupakan hasil perjuangan orang desa agar dapat memiliki identitas sendiri di internet. Siapa sangka perjuangan tersebut terwujud hingga melahirkan nama domain pertama yang berbahasa Indonesia.
  2. Mudah dihafal dan dipahami. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa domain .DESA.ID mudah untuk dipahami. Baik bagi manusia maupun oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, jika menemukan .DESA.ID pasti mengenali bahwa domain tersebut milik desa. Selain itu, nama domainnya akan menjadi lebih pendek jika dibandingkan menggunakan namadesa.namakecamatan.namakabupaten.go.id yang selama ini digunakan oleh banyak Pemerintah Daerah.
  3. Merupakan domain resmi. Domain .DESA.ID merupakan domain ekslusif, artinya tidak sembaranan pihak dapat mendaftarkan domain tersebut. Hanya Pemerintah Desa yang sah saja dan memiliki dokumen persyaratan yang bisa mendaftarkannya. Artinya, semua informasi yang terdapat dari website desa dapat dibuktikan kebenaran dan pertanggungjawabannya.
  4. Menjadi media promosi desa. Menggunakan website desa dengan domain DESA.ID akan memudahkan bagi Pemerintah Desa untuk mempromosikan potensi daerahnya. Biaya promosi menggunakan website sangat terjangkau, hingga tidak menjadi beban bagi APB Desa. Silakan menghubungi puskomedia untuk mendapatkan voucher diskon membuat website desa.
  5. Sarana publikasi kegiatan desa. Domain DESA.ID dalam website desa dapat diintegrasikan dengan berbagai media sosial. Tentu saja ini akan memudahkan bagi Pemerintah Desa untuk memuat publikasi seperti transparansi, laporan kegiatan, dan pengumuman kepada warganya.
  6. Mudah didaftarkan. Pendaftaran domain DESA.ID sangat mudah untuk didaftarkan. Hanya dengan beberapa dokumen yang disediakan, Anda bisa mendapatkan domain tersebut. Pendaftaran domain tersebut sangat mudah dengan dibantu oleh puskomedia.
  7. Memudahkan pelayanan desa untuk warga. Keberadaan website desa akan mempermudah warga desa untuk mendapatkan pelayanan. Dengan mengintegrasikan domain tersebut ke Teknologi Panda, Pemerintah Desa dapat melakukan pelayanan secara cepat dan prima kepada warga. Teknologi Panda dipersembahkan oleh puskomedia untuk desa, silakan menghubungi puskomedia untuk mendapatkan Panda beserta voucher diskonnya.

Setelah mengetahui pentingnya domain desa.id, silakan mengunjungi panduan pendaftaran desa.id agar Anda dapat mendaftarkannya. 🙂

Published in Blog

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.