Skip to content →

Manfaat dan Kegunaan Website Desa

Perkembangan zaman sangat cepat dan inovasi adalah cara kita merespon perubahan yang terjadi disekitar kita.

Desa memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong masyarakatnya untuk terus melakukan inovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan , hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat desa.

Pemanfaatan Website Desa untuk Pelayanan Publik dan Manajemen Informasi Desa

Website desa dapat digunakan diantaranya untuk media pelayanan publik dan manajemen informasi desa. Karena bersifat daring (online), masyarakat dapat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi seperti berita desa, transparasi dana desa, dan lain-lain.

Website Desa Untuk Pelayanan Publik

Website Desa Untuk Pelayanan Publik
Website Desa Untuk Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah amanat untuk setiap fungsi pemerintahan di negara ini, bahkan hingga ke tingkat desa. UUD 1945 hingga seluruh peraturan turunannya merupakan aturan untuk menegaskan kewajiban negara dalam melayani setiap warga negara dan penduduk dalam pemenuhan hak dan kebutuhan dasar dalam kerangka pelayanan publik. Pelayanan publik adalah tanggung jawab pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Salah satu fungsi website desa adalah sebagai media pelayanan publik. Diantara pelayanan publik yang dapat dilakukan dengan media website adalah:

  1. Pelayanan Administrasi : olah data dan dokumen
  2. Pengelolaan Pengaduan Masyarakat : formulir online di website desa, SMS gateway, media komunitas.
  3. Pengelolaan Informasi.
  4. Penyuluhan kepada masyarakat.

Website desa dibangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi desa, yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah.


Baca Juga : 

Website Desa Untuk Manajemen Informasi 

Website Desa Untuk Manajemen Informasi 
Website Desa Untuk Manajemen Informasi

Website desa sebagai manajemen informasi secara garis besar digunakan sebagai media informasi publik yang dapat diakses secara online.

Pemerintah desa dapat menggunakan website sebagai media informasi yang meliputi profil desa, berita desa, galeri desa, dan statistik desa.

  1. Profil Desa.
    Pemerintah desa dapat menggunakan website sebagai media informasi profil desa. Contohnya : profil sejarah desa, wilayah desa, masyarakat desa, pemerintah desa, dan lain-lain.
  2. Berita Desa.
    Desa dapat dengan mudah dan cepat memberikan informasi kepada masyarakat. Selain media informasi terkini, berita desa dapat digunakan sebagai sarana interaksi dengan warga.
  3. Galeri Desa.
    Desa dapat mengunggah foto maupun video tentang desa dan kegiatan desa. Seperti Peta wilaya desa, kegiatan kerja bakti, rapat pemerintah, dan lain-lain.
  4. Statistik Desa.
    Desa dapat memenuhi kewajiban transparasi pemerintah kepada masyarakat dengan memberika informasi statistik. Misalnya : Transparasi APBDes, Statistik data pendidikan warga, dan lain-lain.

Banyak sekali manfaat desa memiliki website yang dikelola secara serius. Meringankan beban pekerjaan pemerintah dan mempermudah masyarakat desa.

Tertarik memajukan desa Anda dengan teknologi? Kami PuskoMedia Indonesia dengan senang hati siap membantu Anda mewujudkan cita-cita membangun desa yang kreatif, inovatif, dan transparan.

Published in Blog Website Desa

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.