Skip to content →

5 Start Up Unicorn Ditargetkan Menkominfo di Tahun 2019

Ketika jaman semakin maju dengan masyarakat yang melek teknologi, secara otomatis kebutuhan masyarakat akan kemudahan teknologi pun terus meningkat. Melihat peluang tersebut, memberikan peluang yang lebar terhadap para pelaku industri berbasis teknologi, termasuk starUp.

StartUp

Start up memang sering dan sangat familiar ketika didengarkan, namun apa sebenarnya start up ?

Sebenarnya, kata start up lebih merujuk pada suatu perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan yang tergolong start up merupakan perusahaan yang masih terbiang baru didirikan dan masih dalam fase penelitian dan pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat untuk produknya.

Adapun pemikiran yang tersebar di masyarakat adalah start up kerap dikaitkan dengan perusahaan teknologi. Dan hal itu tentu saja diawalai dengan poplernya start up di masa bubble dot-com. Dalam periode fenomena bubble dot-com pada tahun 1998-2000 pun berdiri banyak perusahaan dot-com secara serentak atau bersamaan.

Karakteristik Start Up

Informasi mengenai start up pun, saat ini sangat mudah untuk didapatkan. Sebuah perusahaan dapat dikatakan start up jika memiliki karakteristik seperti :

  • Perusahaan berusia < 3 tahun
  • Memiliki pegawai < 20 orang
  • Pendapatan per tahun < $ 100.000
  • Pada umumnya beroperasi di bidang teknologi
  • Hasil produk berupa aplikasi digital
  • Biasanya beroperasi pada website

Start Up Unicorn

Secara singkat, sebutan Start Up Unicorn adalah sebuah perusahaan yang masih dalam proses merintis dan memiliki nilai valuasi minimal Rp. 13 Triliun.

Pada tahun 2019 mendatang, menkominfo Rudiantara menargetkan Indonesia memiliki 5 StartUp Unicorn. Hal ini dikatakan menkominfo dalam konferensi pers Japan- Indonesia Innovation Meet Up Event di Jakarta.

Pada saat ini, Indonesia baru memiliki Go-Jek dan Tokopedia sebagaiĀ  Startup Unicorn. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pemerintah melakukan berbagai kerja sama dengan berbagai pihak. Contohnya adalah kerja sama dengan JETRO (Japan External Trade Organization) dalam melakukan pelatihan StartUp untuk lebih profesional dan stakeholder lainnya.

Rencananya, akan ada 50 investor yang merupakan perusahaan besar di Jepang dipertemukan dengan 45 StartUpp potensial dengan harapan mendapat pendanaan dari para investor.

Published in Blog StartUp dan Bisnis

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.