Syarat & Ketentuan Panda SID

Selamat Datang di Syarat dan Ketentuan Layanan Panda Sistem Informasi Desa

PuskoMedia Indonesia merupakan penyedia layanan web dan aplikasi di Indonesia yang sangat menghargai kenyamanan penggunaan layanan oleh Anda. Mungkin Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami. Namun, terlebih dahulu Anda harus membaca, memahami dan menyetujui perjanjian berikut sebelum menggunakan layanan terbaik kami. Perjanjian ini kami buat demi kenyamanan dan keamanan Anda sebagai Mitra atau Calon Mitra kami. Anda dapat melihat pusat Legal Services Agreement yang telah kami susun.

Syarat dan ketentuan ini mencakup semua layanan yang kami sediakan. Sehingga, jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami (yaitu web desa dan panda), sebaiknya Anda memahami bagaimana cara dan kebijakan kami memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Ketentuan Umum Layanan

Terakhir dimodifikasi: 5 Juni 2018 oleh Direksi PuskoMedia Indonesia


Sebelum Anda melanjutkan membaca dokumen syarat dan ketentuan layanan ini, terlebih dahulu perlu Anda pahami bahwa syarat ketentuan ini mencakup semua layanan yang kami terbitkan, yang meliputi;

  • Layanan website desa;
  • Layanan domain desa.id;
  • Layanan Panda SID;

Penjelasan dalam laman ini dibuat sesederhana mungkin, akan tetapi jika Anda kurang paham dengan istilah seperti web desain dan hosting, server, enskripsi, cookies, alamat IP, alamat domain, dan peramban, Anda dapat mempelajarinya dengan cepat pada laman Pertanyaan yang Sering diajukan terlebih dulu.

Kami sangat menjaga kenyamanan Anda saat menggunakan layanan kami, jadi luangkan waktu untuk memahami bagaimana cara kami melayani Anda. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email info@puskomedia.id atau Live Chat yang kami sediakan.

Kami sarankan Anda meninjau kebijakan kami dari waktu ke waktu karena sangat memungkinkan telah kami perbarui.

Jaminan dan Layanan

PuskoMedia Indonesia memberikan jaminan layanan untuk produk berbasis web desa dan Panda Sistem Informasi Desa yang mencakup domain, server, keamanan data, privasi, optimasi mesin pencari, dan dukungan teknis, berikut rinciannya:

  1. PuskoMedia Indonesia akan memberikan perhatian khusus pada seputar pembelian dan perpanjangan layanan dengan memberikan pemberitahuan maksimal 30 hari sebelum jatuh dan minimal 1 hari sebelum jatuh tempo perpanjangan.
  2. Server yang diberikan PuskoMedia Indonesia untuk mitra memiliki kecepatan akses terbaik, kemudahan proses indeks di mesin pencari dan jaminan uptime 99%.
  3. PuskoMedia Indonesia sangat memperhatikan keamanan data mitra yang berada di server kami, dengan teknologi dan konfigurasi maksimal untuk meminimalisir pencurian data dari server. Server terkonfigurasi dengan sistem keamanan berlapis serta proses pencadangan secara berkala dengan interval 1 minggu sekali untuk website desa dan 1 hari sekali sistem informasi desa.
  4. PuskoMedia Indonesia sangat menghargai privasi mitra. Dengan alasan apa pun PuskoMedia Indonesia tidak akan memanfaatkan data mitra dengan tujuan apa pun.
  5. PuskoMedia Indonesia memberikan jaminan kepuasan dengan memberikan bantuan teknis 1×24 jam.

Hak dan Kewajiban PuskoMedia Indonesia

  1. PuskoMedia Indonesia wajib memberikan jaminan Layanan seperti tercantum dalam bagian Jaminan Layanan.
  2. PuskoMedia Indonesia wajib melakukan penagihan dan mengirimkan pengingat melalui media komunikasi email atau lainnya.
  3. PuskoMedia Indonesia berhak untuk melakukan peningkatan fitur-fitur yang ada dalam fasilitas pengelolaan layanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada mitra.
  4. Puskomedia Indonesia wajib menjaga kerahasiaan data milik Mitra.
  5. PuskoMedia Indonesia berhak untuk menghentikan Layanan, apabila :
    • terindikasi melanggar Kebijakan Penggunaan;
    • terindikasi melanggar Perjanjian dengan PuskoMedia Indonesia;
    • terindikasi melanggar peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
    • terindikasi tindakan kriminal;

Hak dan Kewajiban Mitra

  1. Mitra berhak mendapatkan fasilitas untuk pengelola layanan yang didaftarkan;
  2. Mitra berhak untuk mendapatkan layanan konsultasi terkait kebutuhannya;
  3. Mitra berhak mendapatkan jaminan pelayanan prima dari PuskoMedia Indonesia;
  4. Mitra berhak mendapatkan backup rutin untuk aplikasi dan website yang ditempatkan di server PuskoMedia Indonesia
  5. Mitra berhak mendapatkan jaminan kerahasiaan data, lihat kebijakan privasi kami untuk selengkapnya;
  6. Mitra wajib mematuhi Perjanjian Tingkat Layanan (Service Level Agreement) yang dibuat oleh PuskoMedia Indonesia.

Pihak Mitra Dilarang untuk:

  1. Menggunakan layanan PuskoMedia Indonesia untuk kegiatan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia atau hukum yang ditetapkan di wilayah hukum tempat tinggal Mitra atau hukum internasional. PuskoMedia Indonesia tidak bertanggung jawab atas isi situs Mitra, Mitra bertanggung jawab sepenuhnya atas isi situsnya sendiri (termasuk username & password yang dipegang Mitra menjadi tanggungjawab Mitra sendiri).
  2. Menyimpan berkas atau konten yang secara langsung atau tidak langsung mengandung file:
    – Perangkat lunak bajakan
    – Program Cracking, Hacking, & Phreaking
    Isi situs melanggar copyright/hak patent
    – Menggunakan layanan PuskoMedia Indonesia untuk konten dewasa
  3. Menggunakan layanan PuskoMedia Indonesia untuk kegiatan menjual atau membeli produk, barang atau layanan yang dapat merugikan pihak lain atau untuk tujuan penipuan, skema piramida, money game, surat berantai, judi, dan sistem lain yang dilarang oleh Pemerintah Indonesia (terkait layanan website desa).
  4. Jika PuskoMedia Indonesia menemukan sebuah akun menggunakan resource yang berlebih dan memberatkan server, maka PuskoMedia Indonesia berhak menonaktifkan akun tersebut untuk sementara waktu, dan memberikan peringatan kepada pemilik akun. Akun tersebut bisa dibuka kembali setelah ada kesepakatan dengan pemilik untuk mengoptimasi program dan/atau upgrade layanan (terjadi pada layanan web hosting).
  5. Mencoba merusak, memasuki, menggandakan, mencoba mengganti data & sistem yang berada dalam layanan PuskoMedia Indonesia yang bukan merupakan hak dari Mitra bersangkutan, atau melakukan hal-hal yang dapat dikategorikan merugikan sistem milik PuskoMedia Indonesia.
  6. Mengirimkan E-mail Spam dan atau massmail (e-mail penawaran barang atau jasa, promosi, afiliasi, MLM atau segala jenis aktivitas yang mengganggu pihak lain. Juga termasuk website yang dianggap mengundang SPAM juga tidak diperbolehkan dalam layanan PuskoMedia Indonesia. Apabila Mitra melakukan SPAM maka akun Mitra akan langsung diblokir tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan Mitra harus membuat perjanjian tertulis di atas segel materai disertai fotokopi KTP Mitra dan dikirimkan via pos ke alamat PuskoMedia Indonesia bahwa Mitra tidak akan mengulangi perbuatan SPAM tersebut dan bersedia ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Apabila peringatan PuskoMedia Indonesia tidak direspon dalam waktu 2 minggu maka akun Mitra akan kami tutup.
  7. Mengupload script nulled atau yang mengandung malware
  8. Dilarang menggunakan layanan PuskoMedia Indonesia untuk tujuan penipuan. Jika terjadi adanya penipuan maka :
    • Pihak ketiga sebagai pelapor dan Mitra PuskoMedia Indonesia sebagai terlapor wajib menyertakan bukti dan data diri untuk verifikasi dari PuskoMedia Indonesia.
    • PuskoMedia Indonesia melakukan verifikasi ke Mitra harus direspon paling lambat 1 x 24 jam. Jika tidak ada respon selama masa tenggang waktu tersebut, maka layanan akan dinonaktifkan.
    • Jika proses penipuan tidak dapat diselesaikan secara mufakat, maka pihak korban atau pelapor bisa menggunakan proses hukum sesuai dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    • Selama proses hukum berlangsung, PuskoMedia Indonesia akan melakukan menonaktifkan akun yang bersangkutan sampai permasalahan berakhir.

Pembayaran Layanan PuskoMedia Indonesia

Pembayaran harus sesuai nominal order yang tertera pada nota tagihan. Setelah melakukan pembayaran Mitra berhak mendapatkan nota lunas dari finance@puskomedia.id yang dikirimkan melalui email atau kontak Mitra sebagai bukti bahwa Mitra telah selesai melakukan pembayaran.

Jangka Waktu Aktivasi Layanan

PuskoMedia Indonesia akan melakukan aktivasi layanan setelah menerima pembayaran yang valid, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Domain akan aktif mengikuti ketentuan dari Layanan Kementrian Kominfo.
  2. Hosting dan Website Desa (berbasis CMS) akan aktif maksimal 3 jam pada waktu kerja setelah domain aktif.
  3. Panda Sistem Informasi Desa akan aktif secara langsung setelah dilakukan pembayaran.

Masa Berlaku Layanan

Masa berlaku layanan sesuai dengan jangka waktu yang dipilih pada waktu pembayaran. PuskoMedia Indonesia akan mengirimkan tagihan pada email kontak yang terdaftar pada sistem 7 (tujuh) hari sebelum tagihan jatuh tempo. Domain yang melewati masa aktif secara otomatis akan dialihkan pada halaman penangguhan (suspend page), di mana untuk dapat diakses kembali butuh waktu antara 6 (enam) sampai 48 (empat puluh delapan) jam setelah dilakukan pengaktifan kembali

Layanan yang habis masa berlakunya akan dikenakan penghentian layanan sementara tujuh hari setelah jatuh tempo pembayaran dan akan berlaku penghentian permanen dalam empat belas hari setelah jatuh tempo. Layanan yang telah dibatalkan layanannya karena keterlambatan pembayaran dapat diaktifkan kembali sesuai salinan basis data terakhir yang kami simpan.

Konsekuensi-konsekuensi yang timbul akibat hal tersebut seperti domain kadaluarsa / hilang, layanan ditangguhkan, timbulnya biaya pengaktifan kembali, dan konsekuensi lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mitra.

Tata Cara Perpanjangan Layanan

Biaya Layanan yang akan dibayar oleh Mitra sesuai dengan jumlah yang telah disepakati Mitra dengan PuskoMedia Indonesia sesuai dengan formulir pendaftaran yang telah diisi saat awal pemesanan layanan. Mitra wajib melakukan pembayaran tepat waktu sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.

Apabila dalam waktu empat belas hari terhitung sejak tanggal jatuh tempo pembayaran yang tertera pada tagihan Mitra belum melakukan pembayaran, maka akan dilakukan penghentian layanan permanen tanpa pemberitahuan lebih lanjut. Saat ini PuskoMedia Indonesia mengirim tagihan melalui email atau sms, jika tagihan tidak sampai atau tidak terbaca oleh Mitra, misalnya karena (namun tidak terbatas pada) mailbox Mitra penuh, email Mitra sudah tidak aktif lagi, maka PuskoMedia Indonesia tidak bertanggung jawab dan ini tidak menghapuskan kewajiban Mitra untuk membayar tagihannya.

Penghentian Layanan

Pembatalan layanan yang dipergunakan Mitra di PuskoMedia Indonesia adalah layanan otomatis, PuskoMedia Indonesia memerlukan permohonan untuk pembatalan melalui Surat Permohonan Tertulis melalui Support Ticket di Portal Mitra PuskoMedia Indonesia, Paling Lambat 7 Hari sebelum layanan berlanggan berakhir, Jika tidak melakukan permohonan tertulis ini, maka Mitra akan dikenakan biaya berlangganan penuh sesuai dengan layanan yang disewa dan Mitra. Seluruh data Mitra dari layanan yang telah dihentikan sewanya akan diterminasi (dimatikan) untuk keamanan dan alasan privasi, terkecuali diperlukan untuk tindakan Hukum.

Klaim Atas Kegagalan Jaminan

Klaim atas kegagalan jaminan di atas dapat di klaim dalam waktu maksimal 7 hari setelah terjadinya gangguan. Klaim kegagalan uptime server dan uptime network harus disertai bukti hasil traceroute ke arah domain Mitra dalam waktu terjadinya gangguan dan akan dilakukan pengecekan ulang dengan data milik PuskoMedia Indonesia.

Klaim akan ditolak apabila terjadinya kegagalan atas Jaminan Uptime Konektivitas Internet disebabkan oleh pihak lain yang berada di luar tanggung jawab PuskoMedia Indonesia:

  • Gangguan konektivitas internet pada ISP Mitra.
  • Gangguan konektivitas internet yang terjadi pada salah satu route yang menjadi jalur konektivitas dari Mitra ke server PuskoMedia Indonesia.
  • Gangguan yang disebabkan oleh force majeure.
  • Gangguan yang disebabkan oleh adanya gangguan yang ditimbulkan oleh pihak lain.
  • Gangguan yang disebabkan penggunaan layanan tidak sesuai dengan fungsi utamanya.

Apabila gangguan pada uptime server yang diklaim oleh Mitra sesuai dengan data milik PuskoMedia Indonesia, maka untuk perhitungan biaya yang diberikan sebagai berikut :

  • 2 x biaya layanan terkait per-hari x jumlah masa downtime
  • Penghitungan 1 x masa downtime = 24 jam
  • masa downtime di luar jaminan uptime sesuai Perjanjian Tingkat Layanan dan sesuai laporan downtime dari support

Klaim kegagalan layanan hanya berlaku untuk layanan hosting. Sedangkan layanan yang berhubungan dengan pihak ketiga seperti layanan registrasi nama domain dan domain forwarding yang bersifat gratis tidak dapat diklaim saat terjadi kegagalan layanan. Bagaimanapun juga PuskoMedia Indonesia akan berusaha sebaik-baiknya untuk menyampaikan masalah ini kepada pihak ketiga yang terkait.

Pelanggaran & Sanksi

Jika Mitra melakukan pelanggaran atau menggunakan layanan melebihi batas penggunaan wajar, maka akan dikenakan penghentian layanan sementara (suspend), dan Mitra akan mendapatkan email berisi permintaan untuk mengurangi penggunaan. Jika masih terjadi pelanggaran yang sama setelah diperingatkan, maka akun tersebut akan dikenakan penghentian permanen (terminate).

Force Majeure (Kejadian Tak Terduga)

Force majeure adalah suatu keadaan yang ada di luar kemampuan. Misalnya bencana alam, banjir, badai, yang dinyatakan oleh Pemerintah sebagai bencana alam, huru hara, kebakaran, sabotase, peperangan, epidemi dan kepatuhan terhadap pelaksanaan perundang-undangan. Tidak termasuk force majeure, hal-hal yang diakibatkan oleh kelalaian, kelupaan, kecerobohan dan atau ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan peraturan.

Apabila PuskoMedia Indonesia mengalami force majeur maka PuskoMedia Indonesia akan memberitahukan melalui kontak mitra segera setelah mengalami force majeure selambat-lambatnya 2 x 24jam sejak force majeure terjadi dengan memberikan penjelasan dan perkiraan dimulainya kembali pelaksanaan ketentuan Perjanjian.

Hukum yang Berlaku

Ketentuan layanan ini dan pelaksanaannya tunduk pada dan diartikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan hukum Negara Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat sebagai akibat dari pelaksanaan ketentuan layanan ini, maka baik Mitra maupun PuskoMedia Indonesia sepakat dan setuju untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Peningkatan Aturan Layanan

PuskoMedia Indonesia berhak melakukan peningkatan pada aturan layanan ini baik sebagian atau seluruhnya tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Mitra.

Penyangkalan

Dengan alasan apapun, PuskoMedia Indonesia tidak bertanggung jawab atas semua kerugian secara langsung maupun tidak langsung, insidental atau kerugian serupa lainnya atas kerugian karena kehilangan pendapatan atau keuntungan nyata yang diharapkan Mitra maupun tuntutan pihak-pihak lain akibat terputusnya pelayanan jasa dari PuskoMedia Indonesia.

Dukungan Terhadap Lembaga Hukum yang Berwajib

PuskoMedia Indonesia berhak untuk mendukung lembaga hukum yang berwenang dengan memberikan informasi yang diperlukan jika terdapat permohonan berlandaskan hukum dari lembaga hukum yang berwenang tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Mitra. PuskoMedia Indonesia mendukung sepenuhnya kegiatan lembaga hukum yang berwenang dan berlaku di wilayah Negara Indonesia.

Perubahan Dokumen Syarat dan Ketentuan

PuskoMedia Indonesia secara berkala berhak melakukan perubahan secara berkala pada dokumen syarat dan ketentuan ini tanpa pemberitahuan kepada mitra. Mitra juga berhak meminta penjelasan kepada kami apabila ditemukan redaksional dokumen yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah umum.

Materi terkait syarat dan ketentuan yang bermanfaat lainnya


Kami sangat menjaga kenyamanan Anda saat menggunakan layanan kami.