Skip to content →

Tips Ampuh Amankan WordPress

Puskomedia – Ketika berbicara keamanan sebuah akun, beberapa orang mungkin akan langsung tertuju pada tingkat kerumitan kata sandi yang gunakan. Padahal bukan hanya itu saja yang perlu diperhatikan dalam mengamankan akun pribadi atau akun bisnis yang anda miliki termasuk itu menggunakan paltform WordPress.

Memperhatikan keamanan, tentu saja bukan hal yang rugi, karena serangan pada akun anda akan datang secara tidak terduga. Jangan sampai anda menyesal ketika akun WordPress anda tidak dapat dibuka sama sekali.

Dalam artikel ini dirangkum beberapa tips untuk mengamankan akun wordpress yang anda miliki :

  • Pilih dan gunakan layanan hosting terpercaya

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam mengamanan WordPress adalah dengan memilih layanan hosting terpercaya yang menyediakan berbagai fitur pendukung keamanan. Beberapa fitur keamanan yang perlu diperhatikan seperti pendeteksi IP berbahaya, perlindungan DDoS dan botnet, serta perlindungan honeybot.

  • Penggunaan SSL

Untuk memperkuat keamanan website WordPress yang anda miliki, maka cara lain yang dapat anda gunakan adalah dengan melakukan instalasi sertifikat SSL pada website anda. Dengan menginstal SSL, maka WordPress anda pun akan diakses melalui HTTPS bukan HTTP lagi.

  • Mengamankan file wp-config.php

Kenapa file wp-config.php harus diamankan ? singkatnya file ini merupakan file yang sangat penting yang menghubungkan website dengan database WordPress. Dalam file ini terdapat detail login database dan juga berbagai informasi penting lainnya mengenai WordPress anda.

  • Gunakan nama pengguna dan kata sandi yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi

Rumit dalam hal ini bukan berarti bayak variasi saja, melainkan juga sulit untuk ditebak penyerang.

Pemilihan nama pengguna dan kata sandi pun menjadi hal utama yang terbilang sederhana namun memiliki efek yang sangat berguna untuk peningkatan keamanan WordPress.

Hal yang perlu anda hindari dalam pembuatan nama pengguna dan kata sandi adalah kesamaan dengan akun media sosial lainnya  yang anda miliki. Artinya, setiap media sosial yang anda miliki, sangat disarankan untuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang berbeda.

 

Published in Blog Tips dan Trik

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.