Skip to content →

Plugin WordPress untuk Website desa

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. 

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Kenapa WordPress sangat populer?

WordPress banyak digunakan karena kemudahan dan keamanannya karena aplikasi ini menerapkan prinsip open source sehingga banyak orang yang bergabung untuk mengembangkan dan menjaga WordPress.

Selain itu, salah satu alasan mengapa WordPress menjadi sangat populer adalah karena banyaknya pilihan plugin yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda. Hanya saja, dengan begitu banyak pilihan, mungkin Anda akan mengalami kesulitan pada saat mencari plugin WordPress terbaik.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi plugin yang perlu diinstall pada website Anda.

Akismet

Akismet adalah sebuah plugin yang tersedia untuk platform wordpress. Plugin akismet berfungsi untuk memfilter komentar dan memisahkan antara komentar yang diidikasi sebagai spam dan komentar biasa. Komentar yang diindikasi sebagai spam akan dikelompokan sendiri atau bisa juga langsung di auto-delete sesuai settingnya.

Jetpack

Jetpack adalah plugin multifungsi yang menyediakan banyak modul pendukung. Berikut ini adalah modul-modul yang terdapat pada jetpack.

  1. Statistik situs : Untuk memantau jumlah pengunjung website.
  2. Modul komentar : Sebagai mesin untuk menulis komentar bagi pengunjung.
  3. Social sharing : Modul berbagi ke sosial media.
  4. Photon : Modul untuk mengkompress ukuran gambar yang diunggah.
  5. Security protect : Modul keamanan untuk website.

Yoast SEO 

Yoast SEO adalah sebuah plugin yang dapat Anda gunakan untuk membantu membuat artikel yang disukai google. Kelebihan plugin ini sangat mudah untuk digunakan bahkan bagi orang awam.

Yoast SEO memiliki fitur pendukung SEO diantaranya SEO title, Meta description, XML Sitemap, Meta robot, Google snippet, dan fitur analitics untuk memantau seberapa bagus artikel yang Anda buat.

Contact Form 7

Plugin ini dapat Anda gunakan untuk membuat formulir kontak yang dapat terhubung secara otomatis dengan email Anda. Contact Form 7 dapat mempermudah Anda untuk memantau dan membalas komentar atau pesan untuk Anda yang dikirim pengunjung situs.

Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)

Google Analytics adalah aplikasi yang diciptakan Google untuk memantau perkembangan, trafik, dan seberapa bagus situs Anda. 

Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) membantu Anda untuk memantau Google Analytics langsung dari situs Anda tanpa perlu repot login ke dashbord Analytics.

W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin caching di wordpress berfungsi untuk menyimpan halaman website, kemudian akan mengirimkan halaman website yang telah tercache ke pengunjung. 

Cache adalah sebuah file statis yang berisi informasi yang dikirim sebuah website dan kemudian disimpan oleh pengunjung. Cache berfungsi untuk mempercepat proses loading sebuah situs.

Diatas adalah 5 plugin wordpress yang kami rekomendasikan dan wajib diinstall untuk memaksimalkan situs wordpress Anda. 

Published in Blog

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.