Ketika WordPress Menggunakan Tema Gratis

Dianti Rahayu

Updated on:

tema wordpress premium

Puskomedia– Ketika pemula mulai untuk menggunakan WordPress, pasti bertanya apakah harus menggunakan tema gratis atau tema premium. Apa yang akan didapatkan jika menggunakan tema gratis atau premium.
Sebelum membahas tema premium, akan lebih baik jika membahas tema gratis terlebih dahulu.

Baca juga : Tips Mempercepat Website Berbasis WordPress untuk Pemula

Ketika Memilih Tema Gratis

1. Tidak Disarankan Untuk Mendownload dan Menginstal Sembarang Tema

Ketika anda memilih untuk menggunakan tema gratis, maka anda sangat tidak disarankan untuk mendownload dan memasang tema dari beberapa sumber yang tidak seharusnya.

2. Kualitas Tema Gratis

Selain menekan biaya, penggunaan tema gratis pun tentu memudahkan pengguna untuk memiliki dan memulai sebuah blog. Ketika anda mendengar kata gratis, mungkin saja anda akan berfikir akan kualitas yang rendah. Padahal sebaliknya, tema gratis yang tersedia di WordPress telah melalui proses pemeriksaan tema yang ketat.
Beberapa tim ditugaskan untuk memeriksa, mereview dan menguji tema- tema gratis sebelum dimasukan ke direktori WordPress.

Tema gratis yang tesedia di WordPress pun telah diuji untuk standar tertentu, dilengkapi dengan dukungan fitur wordpress dengan standar HTML dan CSS yang berkualitas, jaminan keamanan, privasi, dll.

Setelah anda mengetahui proses teserbut, tentu anda berfikir bahwa hanya developer yang berbakat yang mampu membangun tema WordPress yang disetujui untuk tampil di direktori tertentu.

Baca juga : Rekomendasi Marketplace Untuk Mendapatkan Tema WordPress Terbaik

Kenapa WordPress Memberikan Hal Gratis ?

WordPress menyadari bahwa banyak manfaat yang diperoleh ketika berbagi. Di sisi lain, WordPress membantu para pengembang untuk mengasah keterampilan yang mereka miliki, terutama pada proses review. Sebagai umpan balik, pihak tim review dari WordPress pun memberikan saran perbaikan terhadap tema yang diajukan. Selain itu, keuntungan yang diperoleh pihak developer pun adalah reputasi baik sebagai pengembang yang terampil, hasil karya dapat dijadikan sebagai portofolio dan mereka pun dibayar untuk pekerjaan pengembangan tema kustom untuk klien.

Kelemahan dari Menggunakan Tema Gratis

Dari sekian banyak keunggulan dari tema gratis yang tersedia, ternyata WordPress pun masih memiliki kelemahan. Berikut ini adalah kelemahan dari menggunakan tema WordPress gratis :

1. Pilihan Dukungan Terbatas

Ketika anda menggunakan tema gratis, maka anda harus menerima kondisi bahwa pilihan dukungan pada tema gratis cukup terbatas.

2. Fitur dan Fungsi Terbatas

Kekurangan dari tema gratis WordPress adalah tidak terdapat fitur tambahan untuk pengambangan situs, seperti pembuatan tombol, membuat halaman arahan dan lain-lain.

3. Tidak Tampak Begitu Unik

Tema gratis tentu saja tidak begitu unik, karena tema gratis digunakan oleh banyak blog dan hal inilah yang menyebabkan desain tema tidak terkesan unik.

Baca juga :

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.