Skip to content →

Tips Mengetahui Sebuah Website Dibangun dengan CMS WordPress

Puskomedia – Di jaman yang serba internet dan jaman kemudahan mendapatkan informasi, hal ini tentu berbanding lurus juga dengan banyaknya orang yang menyediakan informasi melalui media- media pribadinya, termasuk website.

Ketika kita mengunjungi sebuah website, selain mencari informasi terkait, terkadang pula rasa penasaran pun muncul berlebihan. Bahkan kita ingin tahu, bagaimana proses website tersebut dibangun, apakah memang full custom atau ngoding dari awal, atau menggunakan CMS.

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus dalam pembuatan website, setiap cara yang ditempuh memang memiliki keunggulan masing- masing.

Dalam artikel ini, anda akan mengetahui rahasia suatu website, apakah itu dibangun dengan CMS WordPress atau bukan. Jika anda merupakan orang yang sangat familiar dengan website, tentu akan sangat meudah mengetahuinya, apakah website tersebut dibangun dengan mengggunakan CMS WordPress, CMS lainnya atau memang full custom.

Tips Mengetahui Sebuah Website Dibangun dengan CMS WordPress

Berikut ini adalah cara cepat yang bisa anda praktekan secara langsung untuk mengetahui apakan website yang anda maksud dibangun oleh CMS WordPress atau bukan :

  • Buka Browser

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka browser dan mengunjungi webiste yang anda maksud dengan menginputkan alamat webiste pada kolom addrees bar. Setelah itu, anda dapat melakukan langkah berikutnya.

  • View Page Source

Setelah anda berada di halaman website yang akan di cek, klik kanan dan pilih view page source, atau anda dapat membuka halaman kode dengan cepat yaitu dengan menekan tombol Ctrl+U, maka akan muncul halaman kode pada tab baru.

  • Lakukan Pencarian

Untuk melakukan pencarian dalam halaman yang penuh dengan kode tersebut, anda dapat menggunakan fitur Find atau dengan menekan Ctrl+F. Dalam kolom pencarian, anda dapat memasukan kata kunci “wp-” atau “wp-content”. Ketika anda menemukan kata kunci yang telah anda cari maka dapat dipastikan bahwa website tersebut dibangun dengan menggunakan CMS WordPress. Namun, jika anda tidak menemukan kata kunci tersebut, mungkin saja webiste tersebut dibangun dengan menggunakan CMS lain atau memang full custom.

 

Published in Blog Tips dan Trik

One Comment

  1. Terimakasih kak, akhirnya nemu wibsite yang membahas tentang Tips Mengetahui Sebuah Website Dibangun dengan CMS WordPress. sangat bermanfaat untuk saya. Perkenalkan kak, nama saya Susi Susanti dari ISB Atma Luhur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.