Skip to content →

Pentingnya Kecepatan Akses Sebuah Website

Puskomedia– Beberapa studi mengatakan bahwa ketika seseorang mengunjungi sebuah website, mereka cenderung melakukannya dalam waktu hitungan detik saja.

Ketika dihadapkan dengan hal tersebut, tentu pemiliki website pun harus memutar otak, untuk membuat pengunjung bertahan di website dengan waktu yang cukup lama. Dalam hal ini pula pemilik website secara otomatis harus mampu untuk meyakinkan pengunjung melalui berbagai elemen yang terdapat dalam websitenya. Jika pemilik website tidak mampu menjawab tantangan tersebut, maka bersiaplah untuk kehilangan pengunjung.

Selain itu, search engine seperti Google pun sudah mulai mengabaikan website dengan performa yang sangat lambat, sehingga website yang lambat akan sulit untuk ditampilkan di halaman pencarian. Maka dari itu, kecepatan akses sebuah website pun menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Kesalahan pengecekan kecepatan website

Kesalahan besar yang sering dilakukan pemula biasanya adalah merasa aman ketika websitenya di akses di komputernya sendiri dan dengan kecepatan yang masih terbilang baik. Padahal ini terjadi karena alamat website  disimpan dalam cache browser komputer, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengaksesnya. Sedangkan komputer lain yang baru pertama kali mengunjungi website anda, tentu akan memerlukan waktu yang cukup lama dan hal itu belum termasuk segala kemungkinan yang terjadi seperti gejala alam yang terjadi.

Bagaimana seharusnya menguji kecepatan website

Untuk mengukur kecepatan website, tentu anda memerlukan sebuah alat atau software. Anda dapat mengujinya dengan menggunakan layanan seperti GT Metrix atau Pingdom. Kedua layanan tersebut merupakan layanan online yang dapat anda gunakan kapanpun untuk mengecek kecepatan akses website anda. Anda cukup mengunjunginya dan memasukan alamat website anda dan tunggu beberapa saat untuk dianalisa dan mengetahui hasilnya.

Dari hasil analisis terseut, maka akan muncul kecepatan akses dengan satuan detik. Website yang bagus memiliki kecepatan akses kurang dari 2 detik, namun jika ingin lebih bagus lagi, maka anda dapat mengoptimalkan dan menurunkan lama waktu akses. Semakin sedikit waktu akses, maka performa website pun semakin baik pula.

Published in Blog Tips dan Trik

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.