Setting Blogspot Custom Domain Melalui cPanel

Persiapan:

  • Domain yang akan diarahkan ke Blogspot (jika belum memiliki domain, bisa beli di PuskoMedia Indonesia. Harga murah dan juga banyak promonya)
  • Akun cPanel hosting (bagi yang belum punya, bisa pesan secara gratis paket Hosting Blogger)
  • Akun dan juga blog di Blogspot

Cara Setting Blogspot Custom Domain Melalui cPanel

1. Buka pengaturan blog pada Blogspot. Pilih Setelan Dasar. Pada pilihan setting Alamat Blog, klik link Setup a 3rd party URL for your blog yang ada di bawah alamat blog. Setelah itu, masukkan alamat domain yang akan digunakan. Gunakan awalah www untuk domain yang akan digunakan. . Kemudian klik simpan.

Setting Domain Blogspot Melalui cPanel

2. Setelah klik tombol simpan, maka akan muncul peringatan untuk memasukkan record CNAME pada dns domain. Sebagai contoh, berikut gambar contoh record CNAME yang harus dimasukkan ke dns record domain.

Setting Domain Blogspot Melalui cPanel

3. Masuk ke akun cPanel hosting, kemudian pilih Zone Editor pada pengaturan Domain. Pilih domain yang akan diarahkan ke Blogspot, kemudian pilih manage.

Setting Domain Blogspot Melalui cPanel

4. Edit pada record www. Ubah dari nama domain yang digunakan ke record yang ada pada pengaturan Blogspot. Tambahkan record CNAME lain yang ada pada pengaturan Blogspot.

Setting Domain Blogspot Melalui cPanel

5. Jika semua sudah sesuai dengan record CNAME pada pengaturan Blogspot, klik kembali tombol simpan. Jika tidak ada error, maka alamat blog pada Blogspot akan berubah menjadi www.domainanda.tld. Jika error, maka yang harus dilakukan adalah cek kembali record yang dibuat pada Zone Editor cPanel. Sebagai contoh, record CNAME yang dibuat atau diubah ternyata menjadi subdomain dari domain yang digunakan. Untuk mengatasinya, tambahkan titik (.) pada akhir record CNAME. Misal gv-2gdyt7rtt7t5qc.dv.googlehosted.com. agar tidak menjadi gv-2gdyt7rtt7t5qc.dv.googlehosted.com.domain.tld.

6. Untuk mengarahkan domain yang digunakan sepenuhnya ke blogspot (tanpa www ataupun menggunakan www), ubah record A domain serta tambahkan record A menggunakan IP Address dari Blogspot berikut:

Setting Domain Blogspot Melalui cPanel

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Sebagai contoh:

  • domain.tld. IN A 216.239.32.21
  • domain.tld. IN A 216.239.34.21
  • domain.tld. IN A 216.239.36.21

Kemudian centang pada Alihkan domain.tld ke www.domain.tld di pengaturan Blogspot. Setelah semua selesai, cek DNS Record domain apakah sudah mengarah sepenuhnya ke Blogspot. Jika koneksi yang digunakan pernah digunakan untuk mengakses domain, gunakan koneksi lain. Atau bisa juga menggunakan DNS Lookup dari online. Jika sudah mengarah ke Blogspot, maka blog bisa diakses menggunakan alamat domain baik menggunakan www maupun tanpa www.

Setting Domain Blogspot Melalui cPanel

Bagikan:

Apakah Anda menemukan jawaban?

Comments are closed.