Skip to content →

Cara Mudah Meningkatkan User Engagement pada Website

Belakangan ini istilah User Engagement (keterlibatan konsumen) semakin banyak dipakai seiring dengan meningkatnya organisasi bisnis (perusahaan) menggunakan media sosial. 

Apa itu user engagement?

User engagement adalah istilah yang merujuk pada tingkat keterlibatan konsumen atau pengunjung. Tingkat user engagement pada sebuah situs web adalah salah satu indikator penting untuk menentukan peringkat di mesin pencari. Jumlah trafficpengunjung tidak akan berarti banyak jika kamu gagal mendorong mereka untuk berinteraksi.

Memancing reaksi pengunjung juga merupakan langkah krusial dalam proses konversi. Jika tidak ada user engagement, akan sulit meyakinkan pengunjung untuk membeli atau berlangganan produk yang kamu tawarkan.

Sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang bisa langsung kamu terapkan untuk meningkatkan user enggagement di website.

Pancing pengunjung untuk berkomentar

Buatlah konten bermafaat yang dapat memancing komentar pengunjung dan Anda tentu harus menyiapkan kotak komentar yang baik. Contohnya : artikel tentang cara membuat nasi goreng, pada akhir artikel tanyakan kepada audiens apakah mereka punya resep sendiri.

Setelah pengunjung berkomentar, berilah mereka balasan agar tingkat kepuasan pengunjung juga meningkat. Interaksi Anda dengan pembaca akan meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari.

Buatlah polling dan survei

Mengadakan polling dan survei merupakan cara efektif untuk mengukur tingkat user engagement serta seberapa baik kamu mempertahankannya. Lewat kegiatan ini, kamu bisa mendapat insight berupa metrik dari aktivitas pengunjung situs web.

Tentu saja, ada berbagai tool analitik untuk membantumu mendapatkan data berbagai metrik, seperti jumlah traffic dan demografis pengguna. Namun upaya polling dan survei akan memberikan informasi yang lebih mendalam berupa data tentang motif dan kebutuhan pengunjung.

Manfaatkan reward dan insentif

Siapa yang tidak tertarik dengan “gratisan”? Jangan heran jika para pengunjung sampai rela mengisi survei atau data diri ketika ada imbalan e-book gratis atau free trial dari sebuah layanan. Lewat aksi giveaway, kamu bisa menunjukkan penghargaanmu terhadap interaksi para pengunjung.

Mulailah dengan melakukan beberapa hal simpel seperti penggunaan leaderboard dan badge. Cara-cara tersebut bisa memancing pengguna lebih aktif berinteraksi di website. Kamu bisa memberikan produk gratis atau voucer kepada pengguna yang berhasil masuk ke dalam leaderboard atau memiliki badge. 

Dengan memberikan insentif kepada pengunjung, secara tidak langsung kamu telah meningkatkan loyalitas dan peluang menggaet pelanggan baruSebuah laporan menyebutkan dengan menawarkan hal-hal kecil secara gratis, para pelaku bisnis dapat menjaga tingkat user engagement.

Kesimpulan

Kamu bisa saja menjejalkan situs web yang kamu buat dengan berbagai kata kunci untuk mendapatkan traffic. Namun hal ini tidak berarti jika tidak dapat dikonversi menjadi keuntungan bagi bisnis.

Tingkatkan keterlibatan audiens dengan memancing mereka untuk memberikan komentar, mengikuti survei yang kamu buat, dan berikan reward.

Pastikan kamu telah menerapkan strategi terbaik untuk meningkatkan user engagementJangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai metode untuk menemukan strategi yang paling cocok bagi bisnismu.


Published in Blog

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.