Masyarakat 5.0 adalah masa depan baru umat manusia dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.Desa adalah ujung tombak kesuksesan sosiety 5.0 yang harus dimulai dari bawah.

Era society 5.0 pertama kali diperkenalkan oleh perdana menteri Jepang Shinzo Abe dengan tujuan menyeimbangkan kemajuan teknologi dengan penyelesaian masalah sosial yang terintegrasi.

Perkembangan kehidupan manusia menuju society 5.0

Pada society 4.0 atau yang lebih dikenal dengan industri 4.0 manusia baru mengenal teknologi, keterbukaan dan kemudahan mendapat informasi adalah dampak positif dari era tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, pemanfaatan teknologi mulai ditingkatkan perannya dalam kehidupan manusia dan era society 5.0 adalah zaman dimana teknologi sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Peran Society 5.0 dalam Kehidupan Manusia

Pada era society 5.0 teknologi AI (Artificial Intelligence) akan semakin dikembangkan dengan tujuan mempermudah kehidupan manusia. Video berikut adalah gambaran society 5.0 dimasa depan.

Sumber : Channel Prime Minister’s Office of Japan

Pada era society 5.0 peran teknologi ditingkatkan sehingga dapat mempermudah manusia dalam berbagai aspek. Mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

Puskomedia Indonesia sebagai perusahaan teknologi yang memiliki visi mengembangkan teknologi tepat guna memiliki komitmen untuk ikut berperan dalam Indonesia society 5.0

Desa Kunci Sukses Masyarakat 5.0

Panda SID contoh pemanfaatan teknologi untuk desa

Desa adalah ujung tombak kesuksesan sosiety 5.0 yang harus dimulai dari bawah. Pemanfaatan teknologi untuk desa wajib dikembangkan sehingga masyarakat 5.0 benar-benar dapat terwujud dan memberikan banyak manfaat serta kemudahan dalam kehidupan masyarakat.

Pada masa mendatang Panda SID dapat terintegrasi dengan teknologi dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

Untuk menyambut masyarakat 5.0 teknologi wajib dikembangkan dari dasar salah satunya sistem tata kelola kependudukan sehingga mempermudah integrasi pelayanan masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan.