Penjelasan Menu dan Fitur Panda SID 1.0

    Content

Keunggulan Panda SID

Panda SID memiliki fitur yang dibutuhkan untuk mengelola data administrasi, kependudukan, pelayanan publik, anggaran dan lain sebagainya;

Sistem Terintegrasi

Panda SID dikembangkan menggunakan teknologi mutakhir. Serta memiliki alur kerja agar mudah dikembangkan untuk berbagai keperluan pengelolaan data kependudukan. Selain itu juga dapat dikembangkan untuk integrasi data dengan berbagai macam aplikasi yang sudah ada.

Desa sebagai penghasil data kependudukan paling utama, memiliki peranan penting terhadap keakuratan data. Panda SID dirancang sebagai alat penjaring data kependudukan utama serta dapat mendistribusikan ulang untuk berbagai keperluan.

Data kependudukan yang dihasilkan akan terkumpul dalam satu database di kabupaten. Dengan harapan, data kependudukan dapat digunakan untuk lintas sektor. Misalnya, Panda SID dapat dikembangkan untuk keperluan;

  1. Pelayanan Kesehatan, dengan menyediakan data penduduk berdasarkan kepemilikan Jaminan Kesehatan ataupun Asuransi lainnya, selain itu dilengkapi juga data kelahiran / kematian bayi serta data ibu melahirkan, kematian ibu akibat melahirkan dan kematian umum dengan tingkat akurasi data yang tinggi.
  2. Pelayanan Pendidikan, dengan menyediakan data penduduk berdasarkan Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Melek Huruf (AMH), Rata-Rata Lama Sekolah (RRLS) dan data siswa yang mengalami drop-out.
  3. Pelayanan Sosial, dengan dengan menyediakan data penduduk berdasarkan status Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Keluarga pemilik RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).
  4. Statistik Dasar, yang berisi data penduduk berdasarkan hasil pendataan berskala Mikro di tingkat desa yang dapat diintegrasikan dengan data Makro di tingkat kabupaten hingga provinsi, bahkan nasional.

Sistem Informasi Desa (SID)

Aplikasi pengelola informasi desa yang dapat digunakan secara mandiri oleh perangkat desa. Bermanfaat untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik dan lain sebagainya.

Mudah Digunakan

Panda sangat mudah digunakan oleh perangkat desa yang awam sekalipun. Dengan dukungan pelatihan dari tim kami, perangkat desa akan lebih mahir memanfaatkan aplikasi Panda untuk kepentingan desa.

Panda sangat mudah digunakan oleh perangkat desa yang awam sekalipun. Dengan dukungan pelatihan dari tim kami, perangkat desa akan lebih mahir memanfaatkan aplikasi Panda untuk kepentingan desa.

Efektif dan Efisien

Kelola data desa secara efektif. Manfaatkan kemampuan aplikasi Panda untuk mengolah berbagai macam informasi desa secara akurat dan cerdas.

Pelayanan Lebih Cepat

Panda dapat membantu pelayanan publik menjadi lebih cepat. Data desa yang diarsipkan secara rinci dan detail dapat digunakan untuk membantu proses pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien.

Akuntabel dan Transparan

Panda membantu pemerintah desa dapat mengelola informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dan sebagainya. Dan informasi tersebut dapat dengan mudah mudah diakses oleh warga.

Buat Kebijakan dengan Cara Cerdas

Panda dapat membantu pemerintah kabupaten dan pemerintah desa membuat kebijakan yang tepat dan berdasarkan fakta. Dukungan data desa yang akurat dalam suatu kabupaten dapat digunakan sebagai informasi paling dapat dipercaya.

Menu Fitur Panda SID

Menu Sistem Informasi Desa Panda SID

Beranda/ Dashboard

Setelah masuk/ login ke sistem Panda SID, Anda akan otomatis masuk ke halaman Beranda. Di halaman ini, Anda dapat melihat secara garis besar statistik penduduk, APB Desa, inventaris sarpras, dan lain sebagainya.

Profil

  1. Pejabat dan Perangkat, berguna untuk menambahkan dan berisi daftar para pejabat di pemerintah desa Anda.
  2. Profil Unit, berisi informasi desa secara umum. Informasi dasar pada menu ini akan digunakan disemua fitur Panda SID yang membutuhkan informasi desa Anda.
  3. Dusun, berguna untuk menambahkan dan berisi daftar dusun di desa Anda.

Kependudukan

  1. Keluarga, Kelola data KK (Kepala Keluarga) warga desa. Kepala Keluarga, Nomor KK, dan Anggota Keluarga akan terdaftar secara akurat dalam sistem Panda SID.
  2. Penduduk, Kelola identitas personal sesuai dengan standar informasi kependudukan Indonesia. Identitas NIK, personal, hubungan keluarga, pendidikan, alamat dan lain sebagainya.
  3. Peristiwa, Rekam peristiwa kelahiran, kematian, pindah keluar dan TKI warga desa. Semua data peristiwa akan terintegrasi dengan sistem kependudukan Panda.
  4. Pecah KK, Pecah KK untuk keluarga baru dan keluarga pindah. Data KK akan terintegrasi dalam satu kabupaten sehingga data akan secara otomatis diperbarui.
  5. Validasi, validasi semua data kependudukan. Robot Panda SID akan men-scanning semua data yang terekam dalam sistem. Operator desa dapat memperbaiki data penduduk sesuai dengan rekomendasi robot Panda.

Layanan

  1. Administrasi, Kelola dan buat administrasi surat dengan hanya beberapa klik. Administrasi persuratan dapat dengan mudah diarsipkan dengan rapih dan mudah dicari. Cetak Surat dengan Cepat, Hubungkan komputer Anda dengan printer untuk mencetak persuratan langsung dari aplikasi PAnda secara cepat.
  2. Sarana dan Prasarana, Inventaris sarana dan prasarana di desa Anda. Inventaris yang rapih dapat memudahkan untuk proses pembangunan jangka pendek maupun jangka panjang.

Pemerintahan

  1. Kas Umum, rekam data kas umum desa dengan cepat. Dokumentasikan berbagai jenis keuangan desa dengan baik.
  2. Inventaris dan Kekayaan, Inventaris kekayaan pemerintah desa dengan baik. Gunakan fitur ini untuk mendata semua aset desa dan perbarui data secara berkala.
  3. Tanah Warga, Kelola data pertanahan warga secara baik. Gunakan fitur pertanahan untuk mendata semua data kepemilikan, perijinan, histori, jenis lahan dan lain sebagainya. Manfaatkan fitur pertanahan untuk mengelola pertanahan desa dengan cara yang efektif dan efisien.

APBDES/ APB Desa

  1. Anggaran, rekam informasi anggaran dana desa secara rinci dengan menggunakan aplikasi Panda. Rekam pendapatan asli desa, pendapatan transfer dan pendapatan lainnya.
  2. Realisasi, laporkan realisasi anggaran dengan menggunakan aplikasi Panda. Laporkan struktur keuangan desa untuk transparansi anggaran. Manfaatkan fitur untuk merinci semua anggaran dana desa secara rapih dan terstruktur.

Statistik

Dapatkan data statistik dari semua data yang telah diinput. Tampilkan statistik untuk mendukung laporan dan transparansi pelaksanaan kegiatan desa dan kabupaten.

  1. Statistik lahan, berisi statistik lahan.
  2. Statistik kependudukan
  3. Statistik pendidikan
  4. Statistik administrasi
  5. Statistik sarana & prasarana
  6. Statistik APBDES/ APBDesa
  7. Embed code, berguna sebagai alat untuk menyajikan data statistik untuk publik.

Sistem

  1. Pengguna, bermanfaat untuk mengelola pengguna yang dapat mengakses, mengelola data di sistem Panda SID desa Anda.
  2. Backup, bermanfaat untuk mencadangkan data sistem Panda SID.

Lihat juga: Cara Mengimport Data Penduduk dengan Cara Cepat untuk menambahkan data penduduk secara masaal. Atau jika ingin melihat contoh website desa yang dikembangkan dengan teknologi Panda, kunjungi https://web.panda.id/.

Kontak Kami
Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang fitur-fitur yang terdapat di Panda SID, jangan ragu untuk menghubungi tim bantuan kami melalui pusat bantuan di nomor +62 811-2617-445

Kelola Desa Makin Mudah dengan Panda SID 🙂

Bagikan:

Apakah Anda menemukan jawaban?

Comments are closed.