Cara Aman Kirim Email WordPress Menggunakan Gmail SMTP dengan WP Mail SMTP

Fitur kirim email website Anda tidak berfungsi? cobalah gunakan WP Mail SMTP. Anda dapat menggunakan email biasa seperti Gmail agar bisa mengirim email.

Dalam tulisan bantuan ini, puskomedia akan menunjukkan kepada Anda cara mengatur WP Mail SMTP untuk mengirim email WordPress dengan alamat email Gmail.

Secara bawaannya, WordPress menggunakan fungsi email PHP untuk mengirim email. Sayangnya, fungsi email ini seringkali tidak berfungsi karena hosting yang digunakan tidak mendukung fungsi mail PHP.

Penyebab lainnya adalah upaya anti-spam dari penyedia email. Fitur ini adalah bagian dari proses penyaringan, umumnya penyedia email akan memeriksa apakah email Anda berasal dari domain yang sama yang tercantum di dalam Email. Misalnya, jika email Anda mengklaim dikirim dari alamat Gmail Anda tetapi sebenarnya dikirim dari server situs web Anda (bukan server Gmail), email Anda dapat dikategorikan ke spam atau tidak terkirim sama sekali.

Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan SMTP sebagai ganti fungsi email PHP dari WordPress. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah standar industri untuk mengirim email dengan andal.

Mengapa Menggunakan Plugin SMTP Mail SMTP?

Manfaat utama menggunakan plugin SMTP Mail SMTP adalah untuk mengirim email WordPress secara aman menggunakan akun Gmail Anda. Selain itu, tidak seperti banyak opsi SMTP lainnya, Anda tidak perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi Gmail di dasbor WordPress Anda demi alasan keamanan.

Berikut ini adalah panduan yang disajikan oleh Puskomedia, diterjemahkan dari sumber resminya WP Mail SMTP dari WP Forms.

Langkah 1: Pasang Plugin SMTP

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang dan mengaktifkan plugin SMTP. Kami sarankan menggunakan WP Mail SMTP by WPForms

Setelah menginstal dan mengaktifkan WP Mail SMTP, buka Pengaturan » WP Mail SMTP untuk membuka halaman pengaturan plugin.

Pada pengaturan ini, Anda dapat mengatur Dari Email dan Dari Nama. Secara bawaan, ini akan diisi dengan email admin dan nama situs Anda.

Untuk Dari Email, pastikan ini diatur ke alamat email Gmail Anda sebelum melanjutkan.

Juga, kami menyarankan Anda memeriksa kotak berlabel Force From Email. Karena Email dari segala sesuatu di situs Anda yang mengirim email harus cocok dengan alamat email ini agar SMTP dapat berfungsi, ini akan mempermudah dalam mengedit pengaturan email di seluruh situs Anda (dalam semua email formulir, dll).

Anda dapat menambahkan Dari Nama yang Anda inginkan, dan Anda juga dapat memilih untuk Memaksakan Nama untuk menerapkan pengaturan ini di seluruh situs. Tidak seperti Dari Email, memiliki Nama Dari spesifik tidak penting untuk fungsionalitas plugin. Namun, ini akan membantu penerima email untuk dengan mudah melihat dari mana email-email ini berasal.

Setelah pengaturan dasar ini siap, Anda harus menggulir ke bidang Mailer dan memilih opsi Gmail .

Kami juga menyarankan memeriksa opsi Jalur Kembali untuk Menetapkan jalur-kembali agar cocok dengan Email Dari . Dengan begitu, Anda akan diberi tahu tentang email yang dikembalikan, karena salah alamat email tujuan misalnya.

Selanjutnya, Anda akan melihat bagian Gmail baru muncul. Di sini, Anda akan melihat bidang untuk Rahasia Klien dan ID Klien .

Untuk mendapatkan informasi untuk bidang ini, Anda harus membuat aplikasi web melalui akun Google Anda. Ini tidak memerlukan pengkodean apa pun, dan kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan.

Langkah 2: Buat Aplikasi Web

Untuk membuat aplikasi, pertama-tama Anda harus masuk ke akun Gmail Anda. Mengeklik tautan itu akan membuka laman Google ini di tab atau jendela baru, dan Anda ingin agar setelan situs Anda tetap terbuka (kami akan kembali ke bagian itu nanti).

Setelah Anda mengikuti tautan itu dan masuk ke akun Gmail Anda, Anda akan melihat formulir bernama “Daftarkan aplikasi Anda untuk API Gmail di Google API Console”.

Di dropdown berlabel Pilih proyek tempat aplikasi Anda akan terdaftar , biarkan opsi default Buat proyek . Kemudian, lanjutkan dan klik tombolLanjutkan .

Selanjutnya, Anda akan melihat layar yang mengatakan “API diaktifkan”. Untuk melanjutkan ke halaman pengaturan, klik tombol Go to credentials .

Di halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk menentukan kredensial yang Anda butuhkan. Berikut adalah bidang di halaman ini dan opsi yang harus Anda pilih:

  • API mana yang Anda gunakan? API Gmail
  • Dari mana Anda akan memanggil API? Server web (mis. Node.js, Tomcat)
  • Data apa yang akan Anda akses? Data pengguna

Setelah Anda membuat pilihan ini, klik kredensial Apa yang saya perlukan?untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Untuk langkah ini, Anda akan membuat ID klien OAuth. OAuth, atau Otorisasi Terbuka, adalah apa yang akan memberikan izin untuk situs web Anda untuk menggunakan akun Gmail Anda untuk mengautentikasi email.

Untuk bidang Nama , masukkan apa pun yang Anda suka atau tinggalkan nama default. Ini hanya untuk referensi dalam akun Google Anda.

Untuk asal Java Resmi yang diotorisasi , Anda harus memasukkan URL situs Anda.

Terakhir, kita perlu mengisi bidang URI pengalihan Resmi . Untuk mendapatkan URI untuk situs Anda, Anda harus kembali ke tab atau jendela dengan situs WordPress Anda. Masih pada halaman Pengaturan »WP Mail SMTP , Anda harus melihat di bawah bagian Gmail untuk bidang berlabel URI pengalihan yang Sah .

Nilai dalam bidang ini harus menjadi URL situs Anda diikuti dengan beberapa detail tambahan. Anda harus menyalin nilai ini, yang mudah dilakukan dengan mengklik tombol dengan ikon salin.

Setelah menyalin URI, kembali ke halaman Google API dan tempelkan ke bidang di bawah URI pengalihan yang Sah .

Setelah itu, Anda dapat mengklik tombol Buat ID klien .

Untuk langkah terakhir dalam proses pembuatan aplikasi, Anda harus menyiapkan layar persetujuan. Layar ini tidak akan pernah dilihat oleh pengguna Anda karena Anda hanya memberikan izin untuk situs Anda sendiri untuk menggunakan akun Gmail yang Anda miliki.

Anda hanya perlu memeriksa alamat email Anda dan kemudian masukkan nama Produk yang ditampilkan kepada pengguna (seperti judul situs web Anda).Setelah Anda menyelesaikan bidang ini, klik Lanjutkan.

Anda sekarang telah berhasil membuat aplikasi web Gmail!

Sekarang kita perlu melihat detail lengkapnya. Di layar terakhir, klik Saya akan melakukan ini nanti untuk membuka halaman Kredensial.

Langkah 3: Berikan Izin dan Kirim Email Uji

Pada halaman Kredensial, Anda sekarang dapat melihat detail aplikasi web yang baru Anda buat. Untuk melihat ID Klien dan Rahasia Klien , klik ikon edit.

Ini akan membuka semua detail untuk aplikasi Anda. Di halaman ini, Anda harus menyalin ID Klien dan nilai rahasia Klien .

Masing-masing ini harus disalin ke dalam pengaturan SMTP Mail WP Anda kembali di admin WordPress Anda.

Catatan: Berhati-hatilah agar tidak menyalin teks atau spasi tambahan dengan ID Klien atau Rahasia Klien Anda, karena ini akan mengakibatkan kesalahan pada langkah berikutnya.

Setelah menyimpan pengaturan ini, halaman akan di-refresh. Sebelum Google mengizinkan informasi ini digunakan untuk terhubung ke akun Anda, Anda harus memberikan izin.

Untuk melakukan ini, gulir ke bagian bawah halaman ini dan klik tombol yang berlabel Izinkan plugin untuk mengirim email menggunakan akun Google Anda

Ini akan membuka layar masuk untuk Google. Lanjutkan dan masuk ke akun yang Anda atur dengan SMTP ini. Kemudian, Anda akan melihat layar meminta izin untuk situs ini untuk mengirim email atas nama Anda.

Saat Anda siap, klik tombol Izinkan untuk melanjutkan.

Selanjutnya, Anda akan kembali ke pengaturan SMTP Mail WP Anda dan pesan sukses akan ditampilkan. Setelah koneksi selesai, Anda siap mengirim email percobaan di bawah tab Email Test .

Setelah tab Email Uji terbuka, Anda harus memasukkan alamat email yang valid dan mengklik tombol Kirim Email . Pastikan untuk menggunakan alamat email yang Anda miliki akses sehingga Anda dapat mengonfirmasi bahwa email telah dikirim.

Ketika pesan tes telah dikirim, Anda akan melihat pesan sukses di bagian atas tab ini.

Bagaimana Jika Email Percobaan tidak Berhasil Mengirim?

Jika email tes SMTP tidak dapat dikirim, log debug akan muncul dengan detail tambahan. Berikut adalah beberapa kemungkinan pesan kesalahan dan cara mengatasinya.

401. Itu kesalahan. Kesalahan: invalid_client 
Kesalahan ini muncul ketika ID Klien tidak dapat dibaca dengan benar. Untuk memperbaikinya, coba salin ID Klien lagi dan periksa bahwa tidak ada spasi atau teks tambahan.

400. Itu kesalahan. Kesalahan: invalid_request Parameter yang diperlukan tidak ada: client_id 
Kesalahan ini akan muncul ketika bidang ID Klien kosong atau tidak dapat dibaca dengan benar. Untuk memperbaikinya, salin dalam ID Klien lagi dan berhati-hatilah untuk tidak menambahkan teks tambahan atau spasi.

kesalahan cURL 60: Masalah sertifikat SSL 
Pesan ini berarti server tidak memiliki sertifikat yang diperlukan agar SMTP berfungsi. Untuk memperbaikinya, Anda harus menghubungi penyedia hosting situs Anda untuk meminta mereka memasang sertifikat ini (kemungkinan besar sertifikat cacert.pem, meskipun sebaiknya meminta host Anda untuk memeriksa).

“Kode”: 401, “Message”: “Login Diperlukan” 
Jika Anda melihat ini di pesan debug, izin masih harus diberikan untuk Anda menggunakan akun Google. Untuk petunjuk tentang cara memperbaiki ini, silakan lihat Langkah 3 dari tutorial ini. Juga, pastikan untuk memeriksa bahwa Email Dari dalam pengaturan SMTP Anda cocok dengan email yang digunakan untuk mengatur aplikasi Google.

Bagaimana jika saya ingin mengganti email?

Jika Anda ingin mengganti alamat email Gmail, Anda harus mengulangi semua langkah tutorial di atas. Ini termasuk menghasilkan ID Klien dan Rahasia Klien baru di pada akun email lain ini.

Ketika Anda sampai ke langkah Otorisasi (di bawah Langkah 3), simpan pengaturan Anda dan kemudian klik tombol Hapus Koneksi . Ini akan menghapus otorisasi untuk akun email asli Anda dan memungkinkan Anda untuk mengulangi langkah otorisasi dengan email baru.


Bagikan:

Apakah Anda menemukan jawaban?

Comments are closed.